the best

the best
Assalamu'alaikum.Wr.Wb.

Sunday, December 14, 2014

Logo baru yang sering dikritik

Dibawah ini merupakan logo-logo dari situs tertentu/ penyedia jejaring sosial yang setelah diperbahuri malah mendapat banyak kritikan. Terkadang hal yang simpel malah membuat beberapa perusahaan online merasa dirugikan. Namun itu semua merupakan strategi bisnis yang orang awam sebenarnya tidak tahu arah jalannya kemana.



Dibawah ini terdapat logo-logo yang sbelum diperbaharui banyak orang yang suka, namun setelah diperbaharui malah mendapat kritikan :


1. Foursquare

 Logo lama

 Logo Baru


Foursquare merubah logo mereka ketika memutuskan untuk membagi layanan mereka menjadi dua jenis, yakni Foursquare dan Swarm. Logo anyar Foursquare dinilai terlalu kekanak-kanakan karena mirip dengan logo superhero, banyak pengguna yang kecewa ketika logo baru ini diperkenalkan.

Pihak Foursquare sendiri nggak cuman nge-redesain logo aja. Tapi mereka juga merombak fitur-fitur yang ada di aplikasinya. Mengingat Foursquare sendiri memiliki aplikasi terpisah untuk check-in. Yakni Swarm. Sedikit ribet sih sebenarnya. Tapi ini menjadi satu strategi branding yang mungkin dapat menguntungkan bihak terkait. 

Logo baru tersebut sebagai cerminan bahwa Foursquare sendiri adalah mesin pencari lokasi yang bersifat personal. Jadi diharapkan nantinya kita akan memiliki asisten pribadi. Transformasi logo diatas terlihat bahwa logo tersebut adalah penggabungan dari F untuk Foursquare dan Flag untuk check-in.


2. Yahoo!

 Logo lama

Logo Baru

Jika saya boleh menilai, dilihat dari kedua design logo yahoo, logo yang lama lebih memberikan kesan menarik ketimbang logo yang baru. Logo yahoo lama lebih terkesan menunjukan logo yang menunjukan kebahagiaan dengan ditunjukan dengan kreasi dan besar kecilnya abjad.

Logo lama Yahoo sangatlah ikonik. Namun logo anyar yang digunakan di tahun 2014 ini justru terkesan 'membosankan' dan 'jelek'. Terlebih tidak ada perubahab sigfnifikan di banding logo lama. ada banyak orang yang mengkritik pedas soal logo terbarunya yahoo! tersebut Salah satunya adalah founder sekaligus CEO dari agensi strategi marketing Protagonist, Matti Leshem. Dia mengatakan bahwa logo baru Yahoo tersebut tidak memiliki kualitas yang bisa menimbulkan aspirasi. Dia pun beranggapan bahwa Yahoo seharusnya memunculkan logo yang memperlihatkan komitmennya untuk memberikan pengalaman berkualitas kepada para usernya dengan memberikan substansi produk news serta entertainment di dalamnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Direktur Kreatif lembaga strategi merek Lippincot, Connie Birdsall. Dia mengatakan pada awalnya, Yahoo berhasil menarik perhatian dunia dengan program 30 hari make over logonya. Namun kesuksesan tersebut ditutup dengan kekecewaan publik pada logo yang diumumkan pada hari ke-30.


3. Bing

 Logo lama

Logo baru

Microsoft memutuskan untuk mengubah logo mesin pencari mereka, Bing, pada tahun 2013. Logo biru Bing digantikan logo baru yang mengusung konsep sudut modern (angular). Namun sayang, logo ini justru nampak terlalu rumit. 

Search engine andalan Microsoft, Bing baru saja meluncurkan tampilan logo baru yang jauh lebih segar dan “dewasa” dari sebelumnya. Jauh berbeda dengan logo sebelumnya, Bing kali ini tak hanya menghadirkan tampilan logo baru saja melainkan juga memperkenalkan berbagai fitur dan fungsi baru dari layanan mesin pencari saingan Google ini.

Bersamaan dengan rebranding desain produk dari Microsoft yang belum lama ini dilakukan, penggantian logo Bing yang benar-benar baru ini merupakan salah satu fokus utama tim Microsoft dalam menghadirkan brand image yang senada dengan pergantian logo Microsoft yang juga mengalami perombakan total setelah 25 tahun lamanya. “Logo merupakan salah satu hal yang terpenting bagi kami, dengan lekukan dan bentuk-bentuk baru yang lebih segar dari sebelumnya,” ujar Lawrence Ripsher, Lead Designer dari Bing sesuai yang dikutip dari laman The Verge (17/9).


4. iTunes

 Logo lama

Logo baru

Logo awal iTunes terdapat ikon CD yang memberi petunjuk bahwa fungsi iTunes adalah layanan pemutar musik dan dapat pula dijadikan media untuk me-rip CD. Namun seiring dengan usangnya penggunaan CD, Apple pun mengubah logo iTunes. Tapi perubahan yang dilakukan dinilai terlalu sederhana.


Sumber: 

Google search image:
 https://images.google.com/
Liputan 6: 
http://tekno.liputan6.com/read/2154635/4-perubahan-logo-terburuk-di-dunia-teknologi?p=3
Jungjawa:
http://www.jungjawa.com/2014/08/logo-baru-foursquare.html
Beritateknologi:
http://www.beritateknologi.com/logo-baru-yahoo-tuai-komentar-pedas-dari-para-pengguna-internet/
Dailysocial:
http://dailysocial.net/post/microsoft-ganti-logo-bing-dan-perkenalkan-berbagai-fitur-baru

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...